Rabu, 20 Februari 2019

Peripheral Eksternal Pada Sistem Komputer 

Pengertian Peripheral 
 
  Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer,biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless.Peripheral ini bertugas membantu komputer menyeslesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang didalam casing.
  
  1.Peripheral Utama (main peripheral)
     Yaitu peralatan yang harus ada ketika kita akan mengoperasikan komputer,misalnya peripheral utama yaitu:monitor,mouse dan juga keyboard.

  2.Peripheral Pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada ketika kita akan mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk keperluan tertentu.Misalnya seperti printer,scanner,modem,wifi,adaptor,webcam dan lain-lain.

Peripheral Input Keyboard

  Keyboard adalah hardware unit inpu yang paling penting dalam uatu pengolahan data dengan komuter.Keyboard bisa digunakan untuk memasukkan huruf,angka,karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,seperti menyimpan file dan membuka file.
 Jenis-jenis keyboard:
1.QWERTY
2.DVORAK
3.KLOCKENBERG

Mouse 

 Mouse adalah salah satu unit masukan (input devie).Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor dengan digerakan menggunakan tangan kita.Selain itu,dapat sebagai perintah praktis dan cepat di banding dengan keyboard yang harus memasukan kombinasi key.

Touchpad

 Unit input ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook,yaitu dengan menggunakan sentuhan jari,umumnya unit dapat digunakan sebagai pengganti mouse.

Light Pen 

 Light pen adalah pointer elektronik yang umumnya dipakai untuk modifikasi ndan mendesign gmbar dengan screen(monitor).Light pen memiliki sensosr yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian akan direkam.

Joy Stick dan Games Paddle 

 Joy Stick biasanya berbentuk tongkat,sedangkan games paddle biasanya berbentuk kota atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek/karakter game dalam kompter

Peripheral Input/Output

Modem 

 Modem merupakan kependekan dari Modulator Demodulator.Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal carrier (pembawa) dan siap untuk dikirim ke tujuan,sedangkan demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berisi pesan ataupun data dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut bisa diterima dengan baik sampai ke tujuan.

NIC

 Kartu jaringan atau bahasa kerennya NIC (Network Interface Card) ata kartu LAN (Local Area NEtwork ) atau Ethernet Card merupakan suatu perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Action Script

  1. Apakah yang dimaksud dengan Action Script?                                                                                 Jawab : Baha...