Rabu, 27 Februari 2019

1.Peripheral Input Device 
   Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem dapat berupa signal input atau maintance input.Didalam sistem komputer,signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.

A.Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf,angka,karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang di perlukan,seperti menyimpan file dan membuka file.
Jenis-jenis keyboard:
1.QWERTY
2.DVORAK
3.KLOCKENBERG

B.Mouse
Petunjuk (pointer) disebut dengan mouse yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse,maka akan terlihat dua pengendali gerak,yaitu yang searah horizontal dan satu lagi vertikal.

C.Digital Camera dan Webcam
Salah satu input yang sedang marak ini adalah digital camera.Dengan alat ini,untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah.Berbagai jenis gambar dapat di transfer,mulai dari gambar statis atau video manapun yang dinamis atau bergerak seperti video.

D.Scanner
Merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda,seperti dokumen,foto,gelombang,suhu dan lain-lain

E.Touch Screen
Sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan
jari atau pena digital.Layar sentuh,di nama pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri.

F.Barcode Reader 
Perangkat elektronik untuk membaca barcode cetak.Seperti gambar flatbed,teridir dari sumber cahaya,lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik.

2.Process Device pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia.

CPU
Unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer.Pada mesin besar,CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak.

Motherboard
Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.

Procesor
Senuah perangkat digunakan untuk mengolah data yang masuk,atau bisa di ibaratkan sebagai otaknya komputer. 

RAM
Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak,biasanya juga dengan memori kerja.Pada memory ini karena disimpan sementara,maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off),maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.

ROM
Memori yang hanya dapat dibaca.ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui,biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dalam suatu komputer.

Memory
Sebuah alat yang digunakan unutk menyimpan data sementara saja,memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik baiknya.

VGA Card
Untuk menholah data graphis dan ditampilkan di layar monitor,VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU.

LAN Card
KArtu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan.

CMOS
Suatu memori yang khusus yang berisi data viral mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya.

Hard Disk
Untuk menyimpan data sementara maupun sementara.Harddisk merupakan ruang simpanan utama dalam sebuah computer. 

Floppy Disk 
 perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang.

CD ROM 
 digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang).

VD ROM 
 Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pembaca data pada DVD. Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD ROM Drive, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

 Power Supply 
sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer.

2. Pengertian Peripheral  Output Komputer
Alat Keluaran (Output Device) adalah perangkat keras komputer yangberfungsi untuk menampilkan / mencetak keluaran sebagai hasil pengolahandata.Alat keluaran terdiri atas hard copy, softcopy. Alat keluaran yang termasuksoftcopy menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupasuara, sedangkan alat keluaran yang berupa hardcopy memberikan keluaran berupabahan cetakan, entah berupa kertas, plastik transparan, microfilm, atau microfiche.Contoh alat keluaran adalah printer, plotter, monitor, LCD monitor, speaker, dan lainlain.

A. Printer

Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.

B. Monitor

Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia. Monitor CRT adalah monitor yang menggunakan tabung sinar katoda.

C. LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor LCD (Liquid Cristal Display) adalah monitor yang berfungsi degan prinsip menggunakan cairan kristal khusus yang berpendar apabila  dilalui oleh sinyal lostrik sehingga manghasilkan bentuk dan warna.

D. Speaker

Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.

E. PLOTTER

Plotter adalah printer komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di masa lalu, plotter digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Hal ini sekarang biasa untuk diganti seperti printer format lebar sebagai "plotters," meskipun mereka secara teknis tidak. (Komputer, 2016)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Action Script

  1. Apakah yang dimaksud dengan Action Script?                                                                                 Jawab : Baha...