Minggu, 21 Juli 2019

DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

1.Jelaskan pengertian unsur-unsur tata letak dan macamnya
2.Jelaskan pengertian dari hierarchy visual 
3.Apa yang dimaksud garis,fungsi garis,dan sebutkan jenis-jenis garis
4.Sebutkan jenis-jenis bidang
5.Apakah yang dimaksud dengan Ilustrasi pada tata letak.
6.Jelaskan apa yang dimaksud dengan readability dan legibility
7.Apakah yang dimaksud dengan Tipografi

JAWAB:

1.Unsur ialah suatu hal yang seharusnya dimasukkan dalam suatu karya desain grafis. Ada banyak unsur dalam desain grafis, namun ada beberapa karya desain grafis yang tidak menuntut semua unsur dimasukkan sekaligus. 
Contoh unsur ialah: garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran dan warna.

Tata letak ialah susunan yang memadukan unsur-unsur komunikasi grafis. Dengan tata letak yang baik, dapat menghasilkan suatu desain atau media yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan terhadap khalayak ramai.

-Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya. contoh penggunaan garis misalnya:
Garis lurus, garis lurus biasanya diidentikan dengan kesan kaku, variasi ini biasanya digunakan sebagai simbol formalitas.
Garis lengkung, penggunaan garis lengkung biasanya memberikan kesan lembut dan luwes.
Garis zigzag, garis zigzag sering dimaknai sebagai garis yang keras sekaligus dinamis.
Garis tidak beraturan, garis ini bisanya menimbulkan kesan fleksibel dan informal.
Garis horizontal, horizontal melambangkan kesan pasif.
Garis vertikal, vertikal sering dimaknai sebagai bentuk garis yang memiliki kesan stabil.
Garis diagonal, garis ini dapat diartikan sebagai makna aktif, dinamis dan menarik perhatian.

-Bidang (Shape)
Bidang atau biasanya juga disebut shape merupakan segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.

-Tekstur (Texture)
Dalam desain grafis tekstur adalah nilai halus dan kasarnya sebuah benda, atau juga bisa disebut nilai raba. Penggunaanya dapat dimayakan untuk memberikan visual yang berkesan dan berkarakter. 

-Ruang (Space)

Ruang atau space merupakan jarak anatara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi efek estetika desain.

-Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.

-Warna (Colour)
Warna adalah elemen dari unsur desain grafis yang menjadi penarik perhatian paling utama.

2.Hierarchy Visual adalah alat membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan , dalam istilah lain Hierarchy Visual adalah alat karya seni dalam bentuk fisik

3.Garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak. Garis hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang.Garis dalam bidang desain bertujuan untuk memperjelas dan mempermudah pembaca, dan bisa juga dijadikan fantasi visual agar orang yang melihatnya dapat terkesan.Ada 3 jenis garis yaitu: garis lurus, garis penghubung terpendek antara dua titik yang tidak bertepatan.

4.Bidang (shape) merupakan bentuk objek yang memiliki dua dimensi saja, yaitu dimensi panjang dan lebar. Bentuknya bisa berupa objek geometris seperti persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, segi enam, lingkaran, segitiga, dsb. yang terkesan formal. Ada juga dalam  bentuk non-geometris yang tak beraturan dengan kesan informal.

Bidang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

-Bidang Alamiah
Jenis bidang yang tidak ada unsur kesengajaan dalam pembuatannya. Misalnya dalam gambar sawah, gunung, pohon, bunga, sungai, lapangan, jalanan, dll.

-Bidang Buatan
Jenis bidang yang memang sengaja diciptakan manusia. Misalnya bentuk-bentuk geometris seperti oval, segitiga, trapesium, dll.

5.Pengertian Ilustrasi Adalah Bentuk Visual Dari Kalimat Ataupun Teks. Ilustrasi Bertujuan Untuk Memperjelas Teks Ataupun Kalimat Khususnya Untuk Anak-Anak Yang Belum Dapat Membaca. Dengan Menggambarkan Adegan Suatu Cerita, Maka Gambar Tersebut Pada Umumnya Dapat Menerangkan Karakter Atau Keseluruhan Isi Cerita.Adanya Ilustrasi Juga Berfungsi Untuk Menarik Para Pembaca Agar Tertarik Untuk Membaca.Tata letak pada sebuah media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.

6.Legibility adalah sejauh mana baris teks bisa dibaca
readability adalah kualitas kualitas huruf apakah bisa dibaca atau tidak
yang mempengaruhinya:
- desain/bentuk huruf
- besar kecilnya huruf
- usia pembaca
- kesehatan penglihatan
- kesehatan mental si pembaca
- cuaca buruk
- keadaan gelap

7.Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Action Script

  1. Apakah yang dimaksud dengan Action Script?                                                                                 Jawab : Baha...