Minggu, 17 Februari 2019

Analisis Tentang Array dan Penyimpanan Pada Memori 

-Definisi Array 
 Array adalah sebuah variable yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis (Memiliki tipe data sama).Hal ini berbeda dengan variable biasa yang hanya mampu menampung satu buah nilai.Setiap nilai yang disimpan didalam Array disebut dengan elemen array,sedangkan nilai urut yang digunakan untuk mengakses elemennya disebut dengan indeks array.Sebagai contoh,misalkan terdapat array A yang memiliki 10 buah elemen nilai yang bertipe integer.
Image result for gambar array  

-Deklarasi Array 
 Array juga dideklerasikan di dalam bagian deklarasi variable.Bila akan didefinisikan sebagai tipe bentukan,maka array juga akan dideklerasikan di bagian definisi tipe (di bawah kata kunci type).Dalam bahasa pascal,pendeklarasian array dilakukan dengan menggunakan kata kunci array dan tipe data yang akan disimpan didalamnya,selain itu juga harus disertai dengan batas-batas indeksnya yang diapit oleh tanda bracket ([ ]).Berikut ini bentuk umum pendeklarasian array.

Var
A;array[1..10]of integer;

 Pada kode tersebut,indeks array diulai dari satu.Perlu di perhatikan bahwa bahasa pascal berbeda dengan bahasa C yang indeks-arraynya selalu dmulai dari nol.Pada bahasa pascal,indeks array dapat dimulai dari bilangan berapapun.

Var
A1:array[0..9] of integer
A2;array[5..15]of integer
A3:array['a'..'j']of integer
A4:array['A'..'J'] of integer 

-Mengakses Elemen Array
 Setelah mengetahui cara pendeklarasian array,selanjutnya kita harus mengetahui bagaimana cara untuk memanipulasi array tersebut.Langkah pertama adalah mengisikan nilai kedalam elemen-elemen array bersangkutan.

https://keeptamvan.blogspot.com/2015/09/array-dalam-stuktur-data-pemograman.html

-Penyimpanan Pada Memori 
 Array dapat digunakan untuk menyimpan data yang cukup banyak namun memiliki type yang sama,Bagaimana array melakukan penyimpanan datanya dimemori komputer? Illustrasi array satu dimensi.
 Contoh:Pada memori komputer adalah sebagai berikut:Array menyimpan data secara berurutan pada memory komputer.Sekali array dideklerasikan,maka akan di alokasikan sejumlah tempat di memory komputer yang selal letaknya berdekatan.Array memiliki indeks dan nilai data itu sendiri.Sedangkan jarak antar elemen padaaray disesuaikan dengan lebar data untuk masing-masing tipe data array.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Action Script

  1. Apakah yang dimaksud dengan Action Script?                                                                                 Jawab : Baha...