Rabu, 30 Januari 2019

SISTEM DAN CARA KERJA CPU PADA SISTEM KOMPUTER 

   Central Processing Unit atau disingkat CPU biasanya disebut prosessor.Di dalam sistem komputer,piranti ini memegang peran yang sangat penting.CPU sering kali disebut sebagai otak komputer meskipun penyebutannya seperti itu tidak hanya bertindak sebagai mesin pemroses,tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat.
   Kecepatan prosessor dinyatakan dengan satuan megaherts MHz atau gigaheehhertz GHz.Kecepatan pentium 4 misalnya telah mencapai 4,4 GHz dan sangat memungkinkan masih akan terus bertambah.CPU mempunyai bagian-bagian penting.REgister adalah memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangat tinggi.Memori ini di gunakan untuk berbagai operasi dalam CPU.

FUNGSI CPU 
 
  CPU berfungsi seperti kalkulator,hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya.Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang di ambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras,seperti papan ketik,pemindai,tuas kontrol,maupun tetikus.CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanaya dari media penyimpanan,seperti cakram keras,disket,cakram padat,maupun pita perekam.

CARA KERJA CPU

Cara kerja CPU dari urutannya sebagai berikut:
1.Saat data dan/atau instruksi di masukkan ke processing-devices,pertama sekali di letakkan di RAM (melalui input-storage)
2.Apabila berbentuk instruksi di tampung oleh Control Unit di program-storage,namun apabila berebentuk data ditampung di Working-Storage.
3.Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi,maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk di tampungkan ke Instruction Register.
4.Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk di tampung di General purpose register.
5.Hasilnya di tampung di Accumulator
6.Apabila hasil pengolahan telah selsai,maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-Storage untuk di tampung ke Output-storage.
7.Jika pengerjaan telah selesai,maka Control Unit akan menjemput hasil pemgolahan Working-storage untuk di tampung ke Output-storage.

Image result for sistem dan cara kerja cpu pada sistem komputer














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Action Script

  1. Apakah yang dimaksud dengan Action Script?                                                                                 Jawab : Baha...