Selasa, 04 September 2018

L O G O 

Pengertian Logo 

  Logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu,dan mewakili suatu arti dari perusahaan,daerah,organisasi,produk,negara,lambang,dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah di ingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
  Sebuah logo wajib mempunyai filosofi dan kerangkat dasar yang berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Sebuah logo memiliki ciri khas seperti warna dan bentuk logo tersebut.Sebuah logo dapat memakai elemen apa saja,seperti tulisan,hologram,gambar,ilustrasi dan lain lain.Sebuah logo adalah simbol atau elemen gambar pada identitas visual.
  Sebuah logo dapat diambil artinya dari suatu kualitas yang disimbolkan,melalui pendekatan budaya perusahaan (corporate culture),penempatan posisi (positioning) historis atau aspirasi perusahaan,apa yang diartikan atau dimaksudkan adalah penting daripada seperti apa rupanya.Secara keseluruhan logo adalah instrumen rasa harga diri dan nilai nilainya dapat mewujudkan citra positif dan dapat di percaya. 

Desain Logo Yang Baik Dan Benar 

1.Sebuah Logo Harus Sederhana 

   Sebauh desain lgo yang sederhana akan sangat mudah mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan memungkinkan logo itu akan menjadi fleksibel dan mudah di ingat.sebagai contoh logo Nike.Logonya mengensankan,tanda ceklis didesain dnegan sangat elegant.Hanya dengan satu warna saja logo ini menjadi sangat efektif memikat banyak orang .

2.Sebuah Logo Harus Mudah Diingat

   Logo harus mudah diingat.Sebuah desain  logo yang efektif harus mudah diingat dan ini dicapai dengan memiliki logo yang sederhana namun tepat.Seperti logo Nike,mudah diingat banyak orang meskipun baru pertama kali dilihatnya.Berbeda dengan logo yang ramai dengan bentuk dan berabagai macam warna,orang tidak akan mudah langsung mengingat lgo tersebut,harus berkali kali melihatnya baru bisa mengingatnya.

3.Sebuah Logo Harus Abadi 

   Logo yang efektif harus bertahan dalam kurun waktu yang lama.Artinya,masih harus efektif dalam waktu 10,20,50 + tahun.

4.Sebuah Logo Harus Serbaguna 

   Logo yang efektif harus mampu bekerja di berbagai media dan aplikasi.sebuah logo harus mudah diedit agar dapat menyesuaikan dengan media dan aplikasi desain seperti adobe photoshop.

5.Sebuah Logo Harus Sesuai Dengan Produknya 

   Logo harus sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan dan sesuai dengan produknya itu sendiri.Logo yang baik dan benar harus mempunyai rlevansi terhadap produknya itu sendiri. 

6.Pelajari Dari Yang Lain

   Kita juga harus berfikir tentang merek merek terkenal lainnya yang kita tahu dan mempelajari tentang logo mereka.Apa yang membuat mereka sukses? Itu yang harus kita selidiki dan menerapkannya kepada logo yang akan kita buat sesuai dengan imajinasi dan keinginan kita. 

Langkah-Langkah Mendesain Logo 


1.Pelajari Apa Itu Logo dan Apa Yang Diwakilinya 

   Sebelum anda mendesain logo,anda harus mengerti apa itu logo,apa yang di gambarkannya,dan tujuannya.Logo bukan hanya tanda sebuah.Logo merefleksikan merek iklan bisnis melalui penggunaan bentuk,warna,tulisan,dan gambar.

2.Tahu Dasar Logo Yang Efektif
  
    Logo harus sederhana,logo mudah diingat,logo dapat bertahan lama,logo harus serbaguna,logo harus sesuai 

3.Belajar Dari Kesuksesan Dan Kegagalan Orang Lain.

   Dengan anda tahu aturan aturan dasar dalam cara mendesain logo,anda bisa membedakan antara logo bagus dan buruk.Dengan mengetahui logo apa saja yang sukses dan kenapa merek sukses,memberikan kita wawasan apa yang membuat logo menjadi sukses.

4.Rancang Proses Cara Mendesain Logo 

   Sekarang anda tahu apa itu logo,prinsip,aturan dana paya yang membuat logo sukses.Sekarang anda bisa langsung memulai proses desain.

5.Pelajari Software dan Selesaikan Logo 

   Setelah proses desain anda selesai,gunakan waktu anda untuk mulai menguasai software taoi ingat,anda tidak bisa mendesain lgo hanya dengan berkutat langsung dengan komputer.Sebaiknya lakukan dengan komputer.Sebaiknya lakukan brainstorming,anda bisa langsung berkutat denga komputer dan mulai mendigitalisasi lgo.Setelah anda seselai mendigitalisasi,kirimkan hasilnya ke ke klien anda,evaluasi,dan akhirnya selesaikan logo. 


Perbedaan Logo Perusahaan dengan Logo Keorganisasian


  Logo Perusahaan adalah pembeda visual antara sebuah perusahaan.Dengan desain logo perusahaan dengan logo perusahaan lain.Didalam desain logo yang bagus,akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut.
  Logo Keorganisasian adalah Senuah desain logo merupakan perwakilan sebuah organisasi.Desain logo organisasi adalah pembeda visual suatu organisasi dengan organisasi lain.Didalam desain logo yang bagus,akan terlihat filolsofi dan misi dari organisasi tersebut.Hal yang sangat penting untuk memiliki desain logo yang tepat untuk branding dan tujuan komunikasi yang bertindak sebagai identitas dari organisasi.



BY:MUHAMMAD IQBAL



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Action Script

  1. Apakah yang dimaksud dengan Action Script?                                                                                 Jawab : Baha...